viglink

Facebook like


Logo

Image by FlamingText.com

Enable clik

Info masuk



Listen My Radio at Facebook or Here

Background

Tweet Terbang

online

wibiya widget

Change colour

Silahkan Pilih Warna Background

Follow


Tulisan Ketik

Terima Kasih Dah Berkunjung di http://www.boynordin.blogspot.comSilahkan Anda Bagi Komen Ya...

Radio Boy Nordin Streaming



Listen My Radio at Facebook or Here




















Sunday, February 12, 2012

Lukisan Yang Cantik dengan Rahasia Tersembunyi

Octavio Ocampo adalah lulusan dari sekolah seni terkenal San Carlos di Meksiko (sekarang museum) yang dah menjadi seorang seniman Meksiko dengan keterampilan yang luar biasa. Gambar metafora digabungkan oleh objek-objek yang saling melengkapi dalam lukisan yang beliau ciptakan.
Pengamat harus memperhatikan dengan sungguh-sungguh untuk mengetahui keberadaan objek tambahan yang dibuat pada karya seninya. Wajah terbentuk dari bunga, burung dan bahkan kupu-kupu. Lukisan memampangkan tokoh-tokoh lainnya atau bahkan binatang seperti dalam kreasi lukisan Mona Lisa miliknya. Setiap karya seni memiliki rahasia tersembunyi di dalamnya. Karya seni Ocampo berikut dipamerkan di Visions Fine Art Gallery.

Jom tingkatkan daya fikir Anda dengan menebak objek-objek apa saja yang ada pada lukisan!

Sekilas hanya tampak seperti lukisan Mona Lisa biasa.

Namun kalau diperhatikan lebih teliti, leher sampai dada Mona Lisa menggambarkan seekor kucing yang sedang bersantai dan cuba perhatikan kedua lengannya! Nampak jelas sepasang kelinci dengan dua telinga panjang bukan? Rambut di sisi kanan dan kiri wajah juga sebenarnya adalah dua tiang penyanggah tempat dimana seseorang sedang berbaring yang memang kurang jelas dilukiskan pada dagu Mona Lisa. Selain itu, perbukitan pada latar pemandangan juga berbentuk wajah-wajah para tokoh terkenal yang dari pengamatan saya, hanya ada enam wajah yang terlihat jelas yaitu dua di kanan dan dua di kiri. Oh iya, nampak juga seekor anjing di sisi kiri Mona Lisa.
 

Apakah hanya sebuah lukisan wanita menawan?

Kurang tepat! Karena selain melukiskan wajah seorang wanita cantik, tergambar juga seorang wanita bertopi lebar pada mata kanan dan seorang pria pada mata kiri. Perhatikan bagian hidung sampai dagu! Apakah Anda juga menemukan sosok seorang wanita berkerudung dan bergaun indah?

Satu lagi lukisan wanita cantik. 

Kurang tepat lagi! Tapi mungkin sikit jelas untuk lukisan yang satu ini. Rambut pada kedua sisi wajah memang gambar sepasang kuda yang kedua kaki depannya membentuk mata dan alis pada wajah wanita tersebut. Sedangkan hidungnya adalah seekor burung pada kejauhan dan bibirnya hanyalah salah satu gunung kecil yang berada antara dua gunung lebih besar pada kedua sisi.

Perlukan disensor bagi yang belum berusia 17 tahun?

Nampaknya tak. Sebab lukisan yang nampak seperti wanita tidak berpakaian berpose erotis tersebut hanyalah bunga pada tempat(pot) yang dipajang pada ukiran bermotif. Yang tampak seperti lengan kanan wanita tersebut hanyalah salah satu bunga yang layu.

Mirip dengan lukisan sebelumnya bukan?

Memang lukisan ini merupakan modifikasi dari lukisan sebelumnya. Wajah wanita ini juga terbentuk dari bunga dan dedaunan turut mendominasi bagian rambut.

Lukisan wanita yang tampak keibuan.

Sudah menemukan objek tersembunyi pada lukisan tersebut? Maksud saya selain dari kedua motif ukiran pada sisi kanan dan kiri yang merupakan dua pria dewasa bertelanjang dada dan dua peri kecil bersayap. Kalau diperhatikan pakaiannya, nampak beberapa orang yang saling bersandar satu sama lain, terlihat beberapa anak yang duduk rapat. Apakah ada lagi yang lain? Yup, pada kedua matanya! Sepertinya ada seorang peri bersayap kupu-kupu dan juga seorang pria serta seorang anak kecil.

Hanya tampak seperti lukisan seorang wanita tua berambut putih ditemani wanita berambut keriting.

Anda mungkin akan sedikit terkejut mengetahui sebenarnya lukisan tersebut menggambarkan seorang wanita telanjang yang sedang duduk di tepi sungai bebatu. Perhatikan keseluruhan bagian kepala wanita tua tersebut! Sudahkah Anda dapatkan sosok wanita cantik berambut bergelombang tanpa busana yang tengah duduk bersila? Sekarang perhatikan rambut putih wanita tua tersebut! Bukankah nampak sangat bahwa itu merupakan arus air pada sungai bebatu yang mirip air terjun mini?

Lukisan Marilyn Monroe yang terkenal.

Apakah wajah Monroe memang 100% simetris? Mungkin saja. Tapi maksud pertanyaan saya tersebut adalah bahwa sebenarnya hanya setengah bagian dari wajah Monroe yang terbentuk dari objek-objek tersembunyi terdapat pada lukisan. Dan kemudian dicerminkan dengan cermin yang turut dilukiskan. Silakan perhatikan alur gelombang yang sangat identik dengan Monroe tersebut! Apakah Anda juga menemukan seorang wanita bergaun? Sekarang perhatikan dahi Monroe! Nampak gambaran wajah wanita juga bukan? Yup, kedua wanita tersebutlah yang menghasilkan setengah dari wajah Monroe. Setengah lagi merupakan hasil refleksi pada cermin.

Lukisan wanita dengan pose elegan.

Mirip dengan lukisan wanita sebelumnya yang ada di atas. Wajah wanita pada lukisan ini juga dihasilkan oleh bunga-bunga putih dan rambutnya oleh dua helai daun hijau yang berukuran sangat lebar.
 
 Apakah ini lukisan seorang wanita?
Ocampo berasal dari Meksiko. Setelah sekilas melihat lukisan tersebut,sedarkah Anda bahwa rambut wanita tersebut merupakan pepohonan dari kejauhan, kedua mata, lubang hidung dan bibirnya adalah hewan-hewan ternak yang sedang menikmati rerumputan pada padang hijau yang luas. Satu lagi yang sangat jelas di sisi kanan lukisan. Sudah Anda temukan? Yup, seekor sapi .

Sekilas memang tampak sosok wajah dewi dari agama Hindu dengan seekor sapi di sisi kanannya.

Tapi detail wajah dewi tersebut terbentuk dari seorang dewa yang didampingi dua orang di sisi kanan dan kirinya. Kedua wajah pendamping dewa tersebut bertumpu pada mata sang dewi dan lihat sepasang kaki mereka di samping kanan dan kiri leher! Oh iya, latar belakang di kedua sisi dewi juga berbentuk wajah pria bukan?

Wanita yang cantik kan?

Yup. Walau sebenarnya mata, hidung dan bibirnya adalah burung-burung yang sedang terbang menuju sarang. Keningnya adalah tiga helai daun dari pohon yang membentuk rambutnya. Nampak juga dua ekor anak burung menunggu sang induk di lubang pada pohon.

Wanita cantik lagi.

Sedikit berbeza dari wanita cantik sebelumnya. Hidungnya bukanlah burung, melainkan seekor kupu-kupu. Sedangkan untuk mata dan kening dibentuk dari helai daun, serta bibir oleh bunga yang mekar dengan indahnya.

Apakah sehelai daun dan sekuntum bunga dapat disebut lukisan?

Mestilah kalau ada bentuk lain yang digambarkan lukisan abstrak tersebut. Sudahkah Anda temukan bentuk lainnya? Dari hasil pengamatan singkat saya, sepertinya seorang wanita lah yang dihasilkan.

Lukisan yang dipenuhi dengan gambar tengkorak bermacam ukuran.

Tidak sepenuhnya betul!  Sebab tengkorak besar berwarna putih tersebut sebenarnya adalah seorang wanita berkerudung yang sedang mengangkat sekeranjang penuh dengan roti. Sedangkan untuk tengkorak-tengkorak yang berukuran lebih kecil lainnya merupakan kumpulan aneka ragam jenis roti. Menarik kan?

Hanya lukisan putri duyung kah?

Selain dari putri duyung yang ekornya terbentuk dari riak air yang menghempas tepi bebatuan, tidakkah batuan besar di sebelah kirinya mirip dewa Zeus? Dan sisa bebatuan lainnya merupakan orang-orang yang sedang menyaksikan si duyung dan dewa Zeus.

Pria tua botak yang mungkin seorang jendral?

Sila perhatikan lagi! Tangan yang menyentuh dada sebenarnya adalah seekor anjing yang sedang berbaring di tepi jalan. Dan mata sampai janggut pria tersebut merupakan seorang pak tua bertopi dengan tongkat di tangan kirinya. Satu lagi yang memang cukup jelas dan mungkin yang Anda temukan sejak awal melihat lukisan ini, yup … telinganya menyembunyikan sesosok wanita berkerudung yang sedang menggendong bayi.

Nampak macam gambar seorang pak tua berjanggut.

Anda betul kalau berfikir begitu. Namun bukan hanya gambar wajah pak tua, tetapi seluruh badan pak tua sedang duduk di atas seekor kuda. Dan lagi, selain berjanggut, beliau juga bertopi, berseragam prajurit, bahkan berpedang. Oh iya … pak tua tersebut juga ditemani seorang kawan di sisi kanannya.

Lukisan wajah seorang pak tua lagi?

Tentu bukan hanya sesosok wajah. Apa saja yang disembunyikan oleh satu wajah ini? Ada dua orang prajurit berseragam siap perang, ditemani dua ekor kuda mereka yang nampak seperti rambut pak tua. Selain itu objek yang tidak terlalu tersembunyi adalah seekor anjing putih, perisai dan dua pedang pada pakaian beliau.

Pak tua terlihat semakin malang di lukisan ini.

Mungkin sebab wajahnya harus dibentuk dari seorang wanita cantik yang sedang menari balet ditemani seorang pria berambut gondrong dan seorang jendral berseragam perang. Apakah ada terlewat? Yup, ternyata masih ada seorang wanita lagi di sisi paling kanan lukisan dengan gaun yang menawan.


Lukisan seorang petapa kan ini?

Nampaknya bukan. Sekali pandang memang tampak seorang pria tua berjanggut panjang dengan rambut putihnya terurai. Tapi cuba Anda teliti lagi! Dari hasil pengamatan saya, nampak seorang pria bertopi lebar sedang menunggang seekor kuda putih melalui jalan di tepi sungai. Nampaknya pria tersebut merasa kasihan dengan pria lain yang sedang tidur terbalut kain putih di tepi sungai tersebut.

Pria botak ini terlihat seperti seorang ilmuan jenius.

Mungkin beliau tidak botak kalau lebih diperhatikan. Lihat sisi kiri wajah tersebut! Kelihatan pria berjubah sedang duduk kan? Sekarang sisi kanan wajah! Yup, pria tersebut ditemani seorang wanita seusianya, mungkin istrinya. Mereka dikelilingi oleh beberapa orang lainnya yang cukup jelas terlihat setelah menyadari bahwa ini bukan hanya lukisan wajah pria botak.

Lukisan seorang pria sedang menatap wanita cantik?

Mungkin kurang tepat. Sebab ini adalah lukisan seorang wanita tanpa busana yang sedang berbaring di atas bebatuan. Sementara sesosok wajah wanita cantik tersebut adalah bintang-bintang yang bertaburan di atas langit malam.

Sosok jendral yang berwibawa?

Atau sepasang suku indian yang sedang menunggu sebuah kapal layar berlabuh di tepi daerah kekuasaan mereka?

Gambar pria sedang mengamati bola ping pong?

Menurut saya ini adalah lukisan empat orang peri dengan latar taburan bintang. Perhatikan kepalanya! Tidakkah nampak sepasang peri saling berpelukan, salah satunya memiliki sepasang sayap yang sangat lebar. Dua peri lagi disembunyikan oleh tangan pria tersebut. Mereka nampak sedang memperebutkan sebuah bola.

Apakah ini gambar pria yang sama dengan sebelumnya?

Mungkin saja, dengan warna berbeza. Tapi objek yang disembunyikan memang juga adalah sepasang peri. Mereka terlihat sedang rileks di tepi sungai yang berumput gersang.

Ini bukan sepenuhnya lukisan abstrak.

Kalau Anda sudah berhasil menemukan objek-objek tersembunyi di dalamnya seperti pria yang sedang bersandar menatap pepohonan di luar pagar, basikal kuno, pemain gitar dan sebagainya.

Lukisan Buddha yang mencapai pencerahan.

lukisan wajah Buddha ini juga terbentuk dari segerombolan orang yang sedang berkumpul, juga ada beberapa binatang seperti gajah dan kuda.

Apakah ini lukisan George W. Bush sedang melambaikan tangannya?

Yup … memang gambar George W. Bush yang sedang melambai sambil menyembunyikan sebuah kota dan bangunan-bangunan megah dan media transportnya seperti truk yang nampak membentuk tangan kiri dan kapal layar membentuk tangan kanan beliau.

Lukisan siapakah ini?

Sepertinya beliau sosok seorang tokoh besar. Mungkin saja salah satu Perdana Menteri Thailand. Hehe … Objek yang disembunyikan adalah sekumpulan orang di sini sedang berdemo melakukan rasa x puas hati pada beliau. Selain itu, sosok putih di sekitar kepala beliau sebenarnya adalah bungkusan-bungkusan jenazah korban.

Mungkin kah ini gambar peri laki-laki?

Mungkin juga. Tapi yang pasti seluruh objek pada lukisan ini terbentuk dari bunga-bunga dan dedaunan.

Nampak seperti wajah pria dengan tatapan erotis.

Anda tidak akan menjawap seperti itu selepas sedar bahwa rambut di sekitar dahinya adalah lekukan gerbang dan cuba perhatikan kedua jarinya yang menyamping, jari-jari tersebut adalah sepasang kaki seksi milik seorang wanita terbalut mantel bulu yang sedang duduk. Kalau masih kurang jelas, lihatlah mata sampai kening kiri pria tersebut! Yup, itulah wajah si wanita dengan topi lebar.

Lukisan di dalam lukisan?

Sebenarnya gambar lukisan di dalam lukisan saja sudah cukup susah diperhatikan. Tapi bayangkan kalau wajah pelukis atau Da Vinci ini sebenarnya adalah seorang pria yang sedang berkuda! Masih tertarik mencari objek-objek lain yang mungkin tersembunyi? Hehe!

Pasangan yang saling bertatapan.

Iya, mereka memang sedang bertatapan. Tapi tidak hanya itu, karena salah satu pria sedang merangkul sesuatu di atas kepalanya. Perhatikan wajah wanita! Dan seorang lagi sedang bermain gitar. Perhatikan wajah pria!

Gambar tengkorak tanpa sepasang mata dan hidung.

Kurang tepat! Sebab ini adalah gambar dua anak laki-laki yang sedang bermain catur.

Lukisan beberapa ekor kuda dengan bermacam ukuran?

Walaupun selain kuda-kuda, ini juga merupakan lukisan sebuah gurun yang berbukit-bukit.

Wah, romantis sangat!

Ini mungkin yang terlintas kalau Anda membayangkan lukisan di atas sebagai gambar pasangan yang nak bercium. Tapi bagaimana kalau ternyata ini hanya gambar sebuah pohon gersang di antara samudera luas.
Bagaimana menurut Anda? Dapatkah menebak semua objek pada setiap lukisan tersebut???

*Dari Berbagai Sumber*